Google PURI DWI PRIAMBODO: DAFTAR ISTILAH JARINGAN KOMUNIKASI

DAFTAR ISTILAH JARINGAN KOMUNIKASI

Kamis, 24 Oktober 2013

3G
Istilah umum untuk teknologi telekomunikasi bergerak generasi ketiga. 3G menawarkan koneksi berkecepatan tinggi bagi telepon selular dan perangkat komunikasi bergerak lainnya, sehingga memungkinkan untuk video conference dan jalannya aplikasi lainnya yang membutuhkan konektivitas broadband ke jaringan internet.


3,5G
Pengelompokan teknologi data dan telepon bergerak yang berbeda dengan tujuan untuk mencapai performa yang lebih baik daripada sistem 3G, yang merupakan langkah menuju peluncuran kapasitas 4G.

ADS
Singkatan dari American Depository Share (atau juga disebut dengan ADR), yaitu sertifikat yang diperdagangkan di pasar surat berharga AS (seperti Bursa Saham New York) yang mewakili sejumlah saham asing. Masing-masing dari sertifikat ADS Kami mewakili 40 saham Seri B Kami.

ADSL
Asymmetric digital subscriber line adalah bentuk teknologi jalur pelanggan digital, yang merupakan sebuah teknologi komunikasi data yang memungkinkan pengiriman data yang cepat dengan menggunakan kabel telepon tembaga daripada dengan kabel modem telepon konvensional.

APMK
Alat Pembayaran Menggunakan Kartu adalah alat pembayaran dalam bentuk kartu kredit, kartu Automated Teller Machine (ATM) dan/atau kartu debet.

ARPU
Singkatan dari Average Revenue per User adalah ukuran yang digunakan terutama oleh perusahaan jasa telekomunikasi dan jaringan, yang menunjukkan berapa banyak pendapatan yang diperoleh perusahaan dari rata-rata pengguna layanan. Istilah ini diartikan sebagai total pendapatan yang dibagi oleh jumlah pelanggan atau pengguna yang menggunakan layanan itu.

ATM
Kependekan dari Asynchronous Transfer Mode, yaitu mode pengiriman yang memungkinkan informasi itu diatur ke dalan bentuk sel-sel. Ini tidak tersinkronisasi dalam hal bahwa berulangnya pengaturan sel-sel yang berisi informasi dari seorang pengguna tidak harus terjadi secara berkala.

Backbone
Merujuk pada jaringan telekomunikasi utama yang terdiri dari fasilitas transmisi dan switching yang menghubungkan beberapa node akses jaringan. Jaringan transmisi antara fasilitas node dan switching termasuk gelombang mikro, kabel bawah laut, satelit, serat optik dan teknologi transmisi lainnya.

Bandwidth
Merujuk kepada kapasitas hubungan komunikasi.

Bank Indonesia
Adalah bank sentral Indonesia.

Bapepam-LK
Kependekan dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan.

BEI
Bursa Efek Indonesia.

Bisnis IME
Bisnis Information, Media & Edutainment adalah layanan TIME Kami.

Broadband
Broadband dalam telekomunikasi adalah metode pengiriman sinyal yang termasuk atau menangani jangkauan (pita) frekuensi yang relatif lebar.

BRTI
Adalah Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.

BSC
Singkatan dari Base Station Controller yang merupakan perangkat yang bertanggung jawab untuk alokasi sumber daya radio ke stasiun bergerak, pengaturan frekuensi dan pengalihan antara BTS yang dikendalikan oleh BSC

BSS
Singkatan dari Base Station Sub System yaitu bagian dari jaringan telepon selular yang bertanggung jawab untuk menangani trafik dan sinyal antara telepon bergerak dan subsistem switching jaringan. BSS terdiri dari dua komponen: Base Transceiver Station (BTS) dan Base Station Controller (BSC).

BTS
Singkatan dari Base Transceiver Station yang merupakan perangkat untuk mengirim dan menerima sinyal telepon radio ke dan dari sistem telekomunikasi lain.

BUMN
Badan Usaha Milik Negara yang dimiliki pemerintah, negara, publik atau parastatal yang merupakan badan hukum yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan komersial atas nama pemerintah sebagai pemiliknya.

BWA
Broadband Wireless Access adalah sebuah teknologi yang melayani akses Internet nirkabel atau akses jaringan komputer berkecepatan tinggi di area yang luas.

Byru
Adalah layanan telekomunikasi satelit bergerak GSM pertama di Indonesia yang memanfaatkan jaringan ACeS (ASIA Cellular Satellite) dan satelit Garuda-1.

Capacity Utilization Band
atau Pita C adalah bagian dari spektrum elektromagnetik dalam kisaran gelombang mikro dari frekuensi yang berkisar dari 4 hingga 8 GHz. Ini merupakan band frekuensi pertama yang dialokasikan untuk komunikasi dari bumi ke satelit secara komersial. Satelit C Band yang khusus menggunakan frekuensi 3,7 – 4,2 GHz untuk downlink dabn 5,925 – 6,425 GHz untuk uplink.

CBHRM
Sistem Competency Based Human Resource Management merujuk pada sebuah pendekatan pengelolaan sumber daya yang fokus pada keterampilan dan bakat yang diperlukan agar dapat melaksanakan tugas tertentu secara efektif.

CDMA
Singkatan dari Code Division Multiple Access adalah teknologi jaringan yang memiliki spektrum berpita lebar.

CPE
Customer Premises Equipment merupakan perangkat handset, penerima, set-top box atau perangkat lain yang digunakan oleh pelanggan layanan telekomunikasi nirkabel, tetap maupun berbasis pita lebar, yang merupakan milik dari operator jaringan tertentu dan diletakkan pada lokasi pelanggan.

DCS
Singkatan dari Digital Communication System yang merupakan sistem selular bergerak dengan menggunakan teknologi GSM yang beroperasi di pita frekuensi 1800 MHz.

Deppen
Departemen Penerangan. Lihat Kemenkominfo.

DGPIO
Merujuk pada Dirjen Pos dan Operasi Informasi dari Kemenkominfo.

DGRE
Merujuk pada Dirjen Pos dan Sumber Daya Informasi dan Peralatan dari Kemenkominfo.

Dial-Up
Istilah teknologi informasi yang merujuk pada akses kepada internet dengan menggunakan saluran telepon tetap atau telepon bergerak

DINAccess
Merujuk pada produk telekomunikasi Kami – Layanan Komunikasi Data.

Ditjen Postel
Merujuk pada Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi yang kemudian digantikan oleh Dirjen Pos dan Sumber Daya Informasi dan Peralatan dan Dirjen Pos dan Operasi Informasi.

Downlink
Merujuk pada frekuensi sinyal radio yang dipancarkan oleh satelit ke stasiun bumi

DPR
Singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat yang merupakan parlemen nasional Indonesia

DPRD
Singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang merupakan parlemen daerah di Indonesia

DSL
Singkatan dari Digital Subscriber Line adalah teknologi yang menyediakan kombinasi pelayanan mencakup voice, data dan penyiaran video satu arah yang dikirimkan melalui distribusi exsisting copper feeder dan saluran pelanggan

DTF
Divisi Telkom Flexi) adalah Unit bisnis Kami yang mengelola layanan telekomunikasi nirkabel dengan merek “Flexi”.

DTH
Penyiaran satelit Direct-to-Home adalah pendistribusian sinyal televisi yang berasal dari satelit stasiun bumi berkekuatan tinggi ke antena kecil dan alat penerima satelit yang terpasang di rumah-rumah di seluruh Indonesia.

Dual Band
Kemampuan jaringan selular bergerak dan perangkat selular bergerak untuk beroperasi melewati dua pita frekuensi, sebagai contohnya GSM 900 dan GSM 1800.

E1 Link
Unit transmisi backbone yang mengoperasikan dua kumpulan kabel yang terpisah, biasanya pasangan kabel yang dijalin. Angka data E1 link adalah 2.048 Mbps (full duplex) yang terbagi menjadi 32 slot waktu.

e-Business
Merujuk pada solusi Electronic Business termasuk layanan pembayaran elektronik, data center internet dan solusi aplikasi dan konten.

e-Commerce
Electronic commerce merupakan penjualan dan pembelian produk atau layanan melalui sistem elektronik seperti jaringan internet dan jaringan komputer lainnya.

e-Money
Electronic money adalah uang yang dipertukarkan secara elektronik.

e-Payment
Electronic funds transfer (“EFT”) adalah pertukaran atau pengiriman uang secara elektronik dari satu rekening ke rekening lain, baik dalam satu institusi keuangan yang sama atau beberapa institusi keuangan yang beragam, melalui sistem komputer.

EDGE
Enhanced Data rates for GSM Evolution merupakan teknologi telepon bergerak digital yang memungkinkan pengiriman data yang lebih baik sebagai perpanjangan teknologi GSM yang sesuai.

Edutainment
Kependekan dari Edukasi dan Hiburan (Entertainment).

Electronic Data Capture
Adalah sistem komputer yang dirancang untuk pengumpulan data klinis dalam bentuk elektronik untuk digunakan terutama pada uji coba klinis pada manusia.

Enterprise Business Solution
Merupakan solusi konsultasi bagi pelanggan korporasi yang menjadi bagian solusi TIME, dan demo simulasi (untuk e-Payment dan VPN (Virtual Private Network) melalui Jaringan Telepon Tetap, GSM dan Flexi).

EVDO
(Evolution Data Optimize) merupakan layanan telepon berbasis pita lebar nirkabel berteknologi 3G dan berkecepatan tinggi untuk layanan CDMA.

Fiber Optik
Adalah kabel yang menggunakan serat optik dan teknologi laser di mana pantulan cahaya yang mewakili data dikirim melalui filamen kaca yang tipis.

FMB
Flexi Mobile Broadband adalah program promosi produk Flexi yang menawarkan akses Internet berbasis EVDO.

Frame Relay
Frame Relay adalah protokol packet switching (di mana pesan terbagi menjadi paket-paket sebelum mereka dikirim) untuk perangkat penghubung yang terpasang di jaringan komputer yang terbentang di daerah yang relatif luas.

FTA
Free To Air merujuk pada layanan siaran (TV) dan radio yang jernih (unencrypted) sehingga pengguna yang memiliki alat penerima dapat menerima sinyal dan menyimak atau mendengarkan konten yang disiarkan tanpa harus berlangganan (atau dikenakan biaya tambahan) atau hanya membayar sekali (misalnya per siaran yang diterima).

FTTx
Fiber To The x adalah istilah umum untuk arsitektur jaringan broadband yang menggunakan serat optik untuk menggantikan seluruh atau sebagian dari loop lokal logam biasa yang digunakan untuk telekomunikasi terakhir. Istilah ini berasal dari generalisasi beberapa konfigurasi dari penyebaran serat seperti serat ke rumah, serat ke node, serat ke gedung dll.

FUP (MB)
Fair Usage Policy adalah program promosi produk Flexi yang menawarkan Internet akses berbasis EVDO. FUP dirancang untuk memastikan program FMB Kami dapat melayani pelanggan dengan lebih cepat dan dapat diandalkan.

Gateway
Gateway adalah perangkat yang menjembatani jaringan berbasis paket (IP) dan jaringan berbasis sirkuit (PSTN).

Gb
Gigabyte adalah satuan ukuran informasi yang digunakan, misalnya, untuk mengukur memori atau kapasitas penyimpanan pada komputer.

Gbps
Gigabyte per second. Dalam telekomunikasi, Gbps adalah jumlah bits, karakter, atau blok per unit waktu yang bergerak antara perangkat dalam sistem pengiriman data. Biasanya diukur dalam kumpulan bit unit per detik atau byte per detik.

GHz
Giga Hertz. Hertz (yang disimbolkan Hz) adalah satuan ukuran frekuensi SI yang dituliskan sebagai jumlah siklus per detik dari sebuah fenomena berkala.

GPON
Gigabyte-Passive Optical Network. Jaringan optik pasif (PON) adalah jaringan serat optik dengan koneksi satu titik ke berbagai titik lain yang terhubung ke arsitektur jaringan di suatu lokasi, di mana pemecah optik yang tak dialiri listrik dipasang untuk memungkikan serat optik untuk melayani beberapa lokasi, umumnya 16-128.

GPRS
Singkatan dari General Packet Radio Service yang merupakan teknologi packet switching data yang memungkinkan informasi dikirim dan diterima di seluruh jaringan bergerak dan hanya menggunakan jaringan tersebut saat ada data yang akan dikirim.

GSM
Singkatan dari Global System for Mobile Telecommunication yang merupakan standar Eropa untuk telepon selular digital.

HSPA
Singkatan dari High Speed Packet Access (HSPA+) yang merupakan Proyek Kemitraan Generasi ketiga (3GPP) seri 7 dengan arsitektur berpusat di IP yang lebih sederhana untuk jaringan telepon bergerak yang melampaui sebagian besar model perangkat lama. HSPA + dapat mencapai kecepatan pengiriman data tertinggi hingga 42 Mbit/detik untuk kegiatan downlink dan 22 Mbit/detik untuk uplink.

IMT-2000
International Mobile Telecommunications-2000 adalah spesifikasi yang ditetapkan oleh Persatuan Telekomunikasi Internasional. Layanan aplikasi termasuk telepon nirkabel untuk wilayah yang luas, akses Internet bergerak, panggilan video dan TV bergerak, di lingkungan yang serba bergerak.

Intelligent Network atau IN
Adalah jaringan telekomunikasi independent di mana fungsi logis telah dipindahkan dari switch dan ditempatkan di noda komputer yang disebarkan melalui jaringan tersebut. Ini memungkinkan alat tersebut untuk mengembangkan dan mengendalikan layanan dengan lebih efisien sehingga layanan telepon baru dapat diluncurkan dengan cepat.

Interkoneksi
Dalam telekomunikasi, interkoneksi adalah hubungan fisik dari jaringan sebuah carrier dengan peralatan atau fasilitas yang tidak merupakan bagian dari jaringan itu.

IP Core
Adalah kelompok data logis yang digunakan untuk membuat field programmable gate array (FPGA) atau application-specific integrated circuit (ASIC) untuk sebuah produk.

IP DSLAM
Kependekan dari Internet Protocol-Digital Subscriber Line Access Multiplexer (DSLAM) yang memungkinkan saluran telepon terhubung secara cepat ke internet. Ini merupakan perangkat jaringan, yang ditempatkan dekat lokasi pelanggan yang menghubungkan banyak saluran telekomunikasi berlangganan dengan tekonologi digital (DSL) untuk saluran backbone internet berkecepatan tinggi yang menggunakan teknik multiplexing.

IP VPN
Adalah layanan komunikasi data yang menggunakan IP Multi Protocol Label Switching (MPLS) dan menjadi dasar bagi hubungan satu perangkat ke perangkat lain. Layanan ini terhubung ke sistem keamanan data, L2TP dan IPSec. Kecepatannya tergantung pada kebutuhan pelanggan, mulai dari 64 Kbps hingga 2 Mbps.

IPTV
(Internet Protocol Television) adalah sistem yang memungkinkan layanan televisi disiarkan dengan menggunakan Internet protocol melalui jaringan packet-switched seperti Internet, dan bukan melalui jaringan umum, sinyal satelit, dan televisi kabel.

ISDN
Singkatan dari Integrated Services Digital Network, yaitu sebuah jaringan yang menyediakan konektivitas digital secara menyeluruh dan memungkinkan pengiriman suara, data dan video secara bersamaan serta menyediakan konektivitas internet berkecepatan tinggi.

ITeS
IT enabler Services adalah layanan TIME Kami.

ITO
Adalah IT Outsourcing atau Aplikasi yang Terkelola yang merujuk pada penjelasan layanan TIME.

ISP
(nternet Services Provider) adalah organisasi yang menyediakan akses Internet.

ITU
Adalah kependekan dari International Telecommunications Union.

Kapasitas Terminal Lokal
Merujuk pada sekumpulan saluran di terminal lokal tertentu yang terhubung dan dapat dihubungkan dengan pembangkit luar.

Kemenkominfo
Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi yang memiliki wewenang mengeluarkan regulasi telekomunikasi, yang dipindahtangankan dari Deppen pada Februari 2005.

KPPU
Adalah kependekan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha.

KSO
Adalah Kerja Sama Operasi yang merupakan bentuk perjanjian yang mencakup Build, Operate dan Transfer yang sebelumnya digunakan Telkom dengan konsorsium mitranya di mana konsorsium itu menginvestasikan dan mengoperasikan fasilitas milik Telkom divisi regionalnya. Mitra konsorsium itu dimiliki oleh operator internasional dan perusahaan swasta nasional atau pada saat tertentu Telkom telah mengakuisisi mitra konsorsium tersebut.

LAN
Kependekan dari Local Area Network adalah jaringan dengan stasiun yang saling terkoneksi yang memungkinkan pembagian sumber daya jaringan satu sama lain. LAN umumnya mencakup suatu wilayah yang terbatas (misalnya dalam sebuah gedung).

Lambda
Lambda merujuk pada panjang gelombang, terutama dalam ilmu fisika, teknik elektro dan matematika.

Lines In Service (“LIS”)
Merujuk pada saluran penghasil pendapatan yang terhubung pada pelanggan, termasuk telepon berbayar, tapi tidak termasuk pelanggan telepon selular bergerak atau saluran yang digunakan di internal kami.

Lisensi Moderen
Adalah izin usaha sesuai UU Telekomunikasi yang menggantikan lisensi usaha yang ada untuk pelayanan telekomunikasi.

LSE
Bursa Saham London.

LTE
Long Term Evolution adalah standar teknologi untuk komunikasi data nirkabel yang berkecepatan tinggi untuk telepon bergerak dan terminal data.

Manfaat Iuran Pensiun Pasti
Merujuk pada jenis program pensiun yang besaran kontribusi tahunan dari perusahaan telah ditentukan. Rekening pribadi disiapkan bagi para peserta program dan manfaatnya dihitung berdasarkan jumlah yang disetorkan ke dalam rekening tersebut (melalui kontribusi perusahaan dan, jika mungkin, kontribusi karyawan) ditambah dengan pendapatan investasi apapun dalam bentuk uang yang tersimpan di dalam rekening tersebut. Hanya kontribusi perusahaan kepada rekening tersebut yang dijamin, bukan manfaat di masa depannya. Dalam program iuran pasti, manfaat masa depan sangat berfluktuasi berdasarkan pendapatan investasinya.

Manfaat Pensiun Pasti
Merujuk pada jenis program rencana pensiun di mana perusahaan menjanjikan manfaat bulanan tertentu terkait pensiun yang ditetapkan oleh sebuah formula sejak awal dengan berdasarkan pada sejarah pendapatan, masa kerja dan usia karyawan tersebut, bukan berdasarkan tingkat pengembalian investasi. Program ini dijelaskan dalam kaitannya dengan formula untuk menghitung kontribusi perusahaan yang telah diketahui sejak awal.

Master Plan INSYNC2014
Adalah rencana korporasi Telkom untuk membangun jaringan Backbone NGN untuk mendukung layanan berbasis pita lebar Kami.

Mbps
Merujuk pada Megabyte per second, yang merupakan satuan pengukuran pengiriman sinyal digital yang disebutkan dalam jutaan bit per detik.

Menkeu
Menteri Keuangan.

MHz
Kependekan dari Megahertz yang merupakan satuan pengukur frekuensi. Satu MHz setara dengan satu juta siklus per detik.

Mobile Broadband
Adalah istilah pemasaran untuk akses Internet nirkabel melalui modem portable, telepon bergerak, modem USB nirkabel atau perangkat bergerak lainnya.

MSAN
Multi Service Access Network adalah teknologi jaringan akses serat optik generasi ketiga dan platform tunggal yang dapat mendukung teknologi dan layanan tradisional serta baru selain menyediakan gateway untuk jaringan inti NGN. MSAN memungkinkan kita menyediakan layanan triple play yang menggabungkan akses Internet berkecepatan tinggi, layanan paket suara dan IPTV melalui infrastruktur jaringan yang sama.

Network Access Point
Network Access Point adalah fasilitas pertukaran jaringan publik di mana penyedia layanan internet terkoneksi dengan satu sama lain melalui pengaturan peering.

NGN
Merujuk pada Next Generation Network yang merupakan istilah umum yang merujuk pada jaringan berbasis paket untuk meyediakan layanan, termasuk jasa telekomunikasi, dan dapat menggunakan teknologi broadband, teknologi yang memungkinkan pemindahan kualitas layanan dan di mana fungsi-fungsi terkait layanan bertindak secara independen dari teknologi terkait pemindahan yang menjadi dasarnya. NGN dimaksudkan untuk dapat, dengan satu jaringan, memindahkan beragam jenis informasi dan layanan (voice, data dan seluruh jenis media, seperti video) dengan merangkumnya ke dalam paket-paket, seolah ini dioperasikan di internet. NGN umumnya dibangun di sekitar Internet Protocol.

Node b
BTS untuk jaringan 3G W-CDMA/UMTS.

NYSE
Bursa Saham New York.

Off-net
Dalam telekomunikasi, panggilan off-net adalah komunikasi antara dua pelanggan dari operator berbeda.

On-net
Merujuk pada panggilan on-net, yaitu komunikasi antara dua pelanggan dari operator telekomunikasi yang sama.

OLO
Singkatan dari Other License Operator yang merujuk pada operator telekomunikasi lain di luar Telkom.

Outside Plant
Adalah perangkat dan fasilitas untuk menghubungkan lokasi pelanggan dengan terminal telepon lokal.

PBH
Pola Bagi Hasil adalah jenis perjanjian yang mencakup Build, Operate dan Transfer antara Telkom dan perusahaan swasta nasional lainnya. Skema ini memungkinkan perusahaan swasta berinvestasi membangun fasilitas telekomunikasi yang akan dioperasikan oleh Telkom.

PDN
Packet Data Network adalah jaringan komunikasi digital yang memecah kumpulan data yang akan dikirim ke segmen-segmen yang disebut paket, yang kemudian disalurkan sendiri-sendiri.

Periode KSO
Merujuk pada periode berlakunya Perjanjian KSO.

Perjanjian KSO
Merujuk pada perjanjian yang terus mengalami revisi dari waktu ke waktu, yang mengatur operasional dari jaringan di wilayah KSO tertentu untuk periode KSO. Lihat “Periode KSO”.

Pemerintah
Merujuk pada Pemerintah Republik Indonesia.

Pemanfatan Kapasitas
Merujuk pada rasio saluran layanan terhadap saluran terpasang atau kapasitas pertukaran lokal.

PKLN
Adalah Tim Pinjaman Komersial Luar Negeri yang merupakan tim gabungan yang ditugaskan oleh Pemerintah Indonesia dengan permintaan khusus dari perusahaan BUMN seperti Telkom untuk memperoleh pinjaman komersial dari luar negri
.
Pulsa
Pulsa adalah satuan perhitungan biaya telepon.

POWL
Adalah kependekan dari Public Offering Without Listing atau penawaran publik tanpa harus mendaftarkan sahamnya di bursa.

PTSN
Singkatan dari Public Switched Telephone Network yaitu jaringan telepon yang dioperasikan dan dipelihara oleh Telkom dan Unit KSO untuk dan atas nama Telkom.

RIO
Singkatan dari Reference Interconnection Offer adalah sebuah regulasi mencakup semua fasilitas, termasuk tarif interkoneksi, fasilitas teknis dan masalah administrasi yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan operator telekomunikasi kepada operator lainnya untuk akses interkoneksi.

RMJ
Regional Metro Junction adalah layanan instalasi jaringan kabel antara kota di satu wilayah atau provinsi.

Roaming
Adalah istilah khusus telekomunikasi nirkabel yang merujuk pada perpanjangan layanan konektivitas di suatu lokasi yang berbeda dengan lokasi rumah di mana layanan itu terdaftar.

RUPS
Merujuk pada Rapat Umum Pemegang Saham, yang juga dapat berarti RUPST atau RUPSLB.

RUPSLB
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa.

Saluran Sewa
Adalah saluran transmisi telekomunikasi yang menghubungkan satu poin yang tidak bergerak dengan titik lainnya, yang disewa dari satu operator untuk keperluan khusus.

Saluran Terpasang
Merupakan saluran yang dibangun sebagai poin distribusi dan siap untuk dihubungkan kepada pelanggan.

SCCS
Singkatan dari Submarine Communications Cable System, yaitu kabel yang dibentangkan di bawah laut antara stasiun yang dibangun di daratan untuk menghantarkan sinyal telekomunikasi melalui jalan bawah laut.

SDP
Istilah Service Delivery Platform (“SDP”) merujuk pada sejumlah komponen yang menyediakan arsitektur penghantar layanan (seperti penciptaan layanan, kendali sesi dan protokol) untuk sebuah jenis layanan.

SEC
Adalah Komisi Pasar Modal dan Sekuritas AS.

SIM atau Kartu SIM
Singkatan dari Subscriber Identity Module yaitu kartu pintar yang dimasukkan ke dalam telepon selular yang dapat mengidentifikasi jaringan GSM yang berlangganan dan berisi data pelanggan seperti nomor telepon, rincian layanan dan memori untuk penyimpanan pesan.

Sistem CMS
Singkatan dari Content Management System yaitu sistem yang berisi sejumlah prosedur yang digunakan untuk mengelola alur kerja di lingkungan terpadu.

SISKOMDAT
Sistem Komunikasi Data terkait dengan perizinan.

Sistem Duopoli
Sistem Duopoli merupakan sebuah sistem yang memungkinkan dua operator nasional, yaitu Telkom dan Indosat di Indonesia, untuk menyediakan layanan telekomunikasi tidak bergerak termasuk SLJJ dan SLI.

SLI
Sambungan Langsung Internasional merupakan layanan untuk pelanggan yang ingin melakukan panggilan internasional tanpa bantuan seorang operator daru terminal telepon manapun.

SLJJ
Sambungan Langsung Jarak Jauh adalah bentuk panggilan jarak jauh yang dirancang untuk pelanggan di wilayah lain namun masih berada di satu Negara. Secara umum, pelanggan tinggal di wilayah yang berbeda-beda yang memiliki kode wilayah berbeda.

SMS Premium
Layanan Pesan Pendek atau Short Message Service Premium adalah layanan pengiriman pesan teks melalui telepon, web, atau sistem komunikasi bergerak dengan menggunakan protokol komunikasi standar yang memungkinkan pertukaran pesan antara perangkat telepon kabel tidak bergerak atau telepon bergerak.

Spektrum Frekuensi Radio
Spektrum radio adalah bagian spektrum gelombang elektromagnetik yang berhubungan dengan frekuensi radio – yaitu, frekuensi yang lebih rendah daripada 300 GHz (atau setara dengan panjang gelombang yang lebih panjang dari sekitar 1 mm).

Softs Switch
Adalah perangkat sentral dalam jaringan telepon yang menghubungkan panggilan dari satu saluran telepon ke saluran lainnya, dengan mengandalkan piranti lunak yang dijalankan di dalam sistem komputer. Pekerjaan ini sebelumnya dikerjakan oleh piranti keras dengan papan tombol untuk mengarahkan panggilan.

STM-1
Adalah Synchronous Transport Module level 1 yang merupakan standar transmisi jaringan serat optik SDH ITU-T. Modul ini memiliki kecepatan 155,52 Mbit/detik. Level lainnya adalah STM-4, STM-16 dan STM-64.

Stasiun Bumi
Antenna dan perangkat terkait yang digunakan untuk menerima atau mengirim sinyal telekomunikasi via satelit.

Switch
Adalah perangkat elektronik, listrik atau mekanis yang berfungsi membuka atau menutup sirkuit, melengkapi atau menghentikan jalur listrik, atau memilih jalur atau sirkuit, yang digunakan untuk mengarahkan trafik di jaringan telekomunikasi.

Telepon Nirkabel Tidak Bergerak
Adalah hubungan telepon nirkabel lokal dengan menggunakan teknologi selular, gelombang mikro atau radio untuk menghubungkan pengguna di suatu lokasi ke terminal telepon.

Telepon Kabel Tidak Bergerak
Adalah layanan telepon melalui kabel tidak bergerak yang menghubungkan seorang pengguna di lokasi tertentu yang tidak bergerak ke terminal telepon lokal, biasanya dengan menggunakan nomor telepon sendiri.

Tera Router
Tera router atau terabit router pada teorinya memungkinkan kapasit as jaringan pada skala terabits (1 terabit = 1 juta gigabits).

TITO
Trade In Trade Off adalah bentuk Pengembangan Jaringan pada proyek “Model Pengembangan dan Modernisasi Akses Broadband melalui TITO (Trade In Trade Off)”.

Tidak Bergerak
Merujuk pada layanan telepon tidak bergerak kabel dan tidak bergerak nirkabel.

TIME
Kependekan dari Telecommunication, Information, Multimedia dan Edutainment.

Terminal Trunk
Terminal yang berfungsi menghubungkan satu terminal telepon ke terminal telepon lainnya baik itu terminal lokal atau trunk.

Transformasi OBCE
Operational support system, Business support system, Customer support system and Enterprise relations management adalah Inisiatif Strategis Kami.

Transmisi Gelombang Mikro
Adalah transmisi yang terdiri dari gelombang elektromagnetik di spektrum frekuensi radio di atas 890 juta siklus per detik dan di bawah 20 miliar siklus per detik.

Transponder Satelit
Adalah perangkat penyiaran radio yang dipasang di satelit untuk menerima sinyal dari bumi dan memperkuatnya lalu mengirimnya kembali ke bumi.

TTCS
Telecommunication Traffic Clearing System adalah topik mengenai Regulator Telekomunikasi.

TV Berbayar
TV berbayar, TV premium atau saluran premium adalah layanan siaran televisi berlangganan yang disediakan melalui kabel digital dan analog serta satelit tapi juga melalui jalur digital dan televisi Internet.

UMTS
Kependekan dari Universal Mobile Telephone System yang merupakan sistem telekomunikasi bergerak Generasi ke-3 (3G) yang dikembangkan dalam kerangka IMT-2000.

VAS
Value Added Services adalah bagian layanan TIME.

VoIP
Kependekan dari Voice over Internet Protocol yang merupakan cara mengirim informasi suara menggunakan IP.

VPN
Kependekan Virtual Private Network, yaitu koneksi jaringan private yang aman, yang dibangun pada puncak infrastruktur yang mudah diakses publik, seperti internet atau jaringan telepon publik. VPN umumnya mengombinasikan beberapa enkripsi, sertifikat digital, pengeidentifikasian pengguna yang kuat dan kendali akses agar dapat mengamankan trafik. Ini menyediakan konektivitas ke banyak mesin yang berada di belakang gateway atau firewall.

VPN Frame Relay
Adalah layanan VPN yang menggunakan jaringan frame relay.

VSAT
Kependekan dari Very Small Aperture Terminal yang merupakan antena kecil berdiameter 1,5 hingga 3,0 meter, yang ditempatkan dilokasi pengguna dan digunakan untuk komunikasi dua arah oleh satelit.

Wireless Access Network
Adalah jenis jaringan komputer yang tidak terhubung dengan kabel apapun. Metode ini memungkinkan rumah, jaringan telepon dan instalasi perusahaan menghindari proses penarikan kabel yang mahal ke gedung, atau koneksi antara berbagai lokasi perangkat.

USO
Kependekan dari Universal Service Obligation yang merupakan kewajiban yang ditetapkan oleh pemerintah terhadap seluruh operator jasa telekomunikasi yang menyediakan layanan bagi publik di Indonesia.

WAP
Kependekan dari Wireless Application Protocol, yaitu platform standar teknologi global dan terbuka yang memungkinkan pengguna layanan telekomunikasi bergerak untuk mengakses dan berinteraksi melalui layanan informasi bergerak, seperti as email, situs, informasi keuangan, perbankan online, dan informasi dan hiburan (entertainment), permainan dan pembayaran mikro.

Wi-MAX
Kependekan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, yang merupakan teknologi telekomunikasi untuk pengiriman data via nirkabel dengan menggunakan mode pengiriman, mulai dari titik ke titik hingga akses internet portable.

Wireless Broadband
Adalah teknologi yang melayani akses internet nirkabel berkecepatan tinggi atau akses jaringan komputer untuk wilayah yang luas.

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

 
 
Copyright © PURI DWI PRIAMBODO
Free Islamic songs Download